Peringati HAD, BBWS Cimancis Tanam Ribuan Pohon

Peringati HAD, BBWS Cimancis Tanam Ribuan Pohon

CIREBON - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (Cimancis) menggelar peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke-30 tahun 2022, atau World Water Day. Meski peringatan HAD ditetapkan setiap 22 Maret, dalam rangkaiannya yang pada tahun ini mengusung tema Global Groundwater atau Air Tanah, digelar penanaman pohon. Lokasinya di area Green Belt Bendungan Kuningan, Kamis (17/3).

Kepala BBWS Cimancis dr Ismail Widadi ST MSc yang hadir, didampingin para pejabat administrator, para pejabat perbendaharaan, para sub koordinator dan ketua tim, menyampaikan, kegiatan penanaman pohon  sebagai bentuk kesadaran dan upaya mencegah krisis air global di masa depan.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya mengajak masyarakat agar dapat berperan aktif dalam konservasi alam, tanpa mengganggu fungsi utama bendungan sebagai tampungan air.

Dalam penanaman, terdapat berbagai jenis pohon yang ditanam. Di antaranya jenis bambu petung, pohon jati, dan pohon aren. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan  Wawan Setiawan SHut MT turut hadir pada peringatan HAD ke-30 yang mengangkat tema nasional: Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan atau disingkat Mantab.

Pihaknya mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap, tidak hanya ditanam saja, namun juga penting untuk merawatnya. Sebagai bentuk kecintaan terhadap alam, DLH Kabupaten Kuningan turut menyumbangkan berbagai pohon kalpataru.

Dalam rangkaian peringatan HAD di tahun 2022, selain di area Bendungan Kuningan, BBWS Cimancis juga melakukan menanam pohon di area Bendungan Jatigede dan Bendungan Cipanas, yang masing-masing berjumlah 5.000 pohon. (novi/opl)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: